Selasa, 21 Januari 2014

Jasa Pembuatan Paspor

Dasar : Peraturan Pemerintah Nomor 31 Tahun 2013 tentang Peraturan Pelaksanaan UU No.6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian

    Paspor biasa terdiri atas:
        Paspor biasa elektronik; dan
        Paspor biasa nonelektronik.
    Paspor sebagaimana dimaksud pada point 1 diterbitkan dengan menggunakan Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian.

    Surat Perjalanan Laksana Paspor untuk warga negara Indonesia diberikan bagi warga negara Indonesia dalam keadaan tertentu, jika Paspor biasa tidak dapat diberikan.
    Surat Perjalanan Laksana Paspor untuk warga negara Indonesia, berlaku untuk perjalanan keluar atau masuk Wilayah Indonesia.
    Permohonan Surat Perjalanan Laksana Paspor diajukan kepada :
        Kepala Kantor Imigrasi atau Pejabat Imigrasi yang ditunjuk, untuk warga negara Indonesia yang berdomisili atau berada di Wilayah Indonesia; atau
        Pejabat Imigrasi yang ditunjuk melalui Kepala Perwakilan Republik Indonesia, untuk warga negara Indonesia yang berdomisili atau berada di luar Wilayah Indonesia.
    Dalam hal belum ada Pejabat Imigrasi pada Perwakilan Republik Indonesia di luar negeri, permohonan diajukan kepada Kepala Perwakilan Republik Indonesia.
    Surat Perjalanan Laksana Paspor untuk warga negara Indonesia berlaku paling lama 2 (dua) tahun dan hanya dapat digunakan untuk 1 (satu) kali perjalanan.
    Surat Perjalanan Laksana Paspor tidak dapat diperpanjang.

    Permohonan Surat Perjalanan Laksana Paspor untuk Orang Asing diajukan kepadaKepala Kantor Imigrasi atau Pejabat Imigrasi yang ditunjuk pada kantor imigrasi yang wilayah kerjanya meliputi tempat tinggal Orang Asing yang bersangkutan.
    Surat Perjalanan Laksana Paspor untuk Orang Asing diberikan bagi Orang Asing yang tidak mempunyai Dokumen Perjalanan yang sah dan masih berlaku dan negaranya tidak mempunyai perwakilan di Indonesia.
    Surat Perjalanan Laksana Paspor untuk Orang Asing, diberikan dalam hal:
        Atas kehendak sendiri keluar dari Wilayah Indonesia sepanjang tidak terkena Pencegahan;
        Dikenai Deportasi; atauWilayah Indonesia.
        Repatriasi.
    Surat Perjalanan Laksana Paspor untuk Orang Asing berlaku paling lama 2 (dua) tahun dan hanya dapat digunakan untuk 1 (satu) kali perjalanan.
    Surat Perjalanan Laksana Paspor untuk Orang Asing tidak dapat diperpanjang.

    Surat Perjalanan Lintas Batas atau Pas Lintas Batas dapat diberikan untuk warga negara Indonesia yang berdomisili di wilayah perbatasan negara Republik Indonesia dengan negara lain sesuai dengan perjanjian lintas batas.
    Permohonan Surat Perjalanan Lintas Batas atau Pas Lintas Batas diajukan kepada Kepala Kantor Imigrasiatau Pejabat Imigrasi yang ditunjuk.
    Surat Perjalanan Lintas Batas atau Pas Lintas Batas berlaku paling lama 3 (tiga) tahun sejak tanggal diterbitkan.
    Surat Perjalanan Lintas Batas atau Pas Lintas Batas tidak dapat diperpanjang.
    Pemegang Surat Perjalanan Lintas Batas atau Pas Lintas Batas yang telah berakhir masa berlakunya dapat mengajukan permohonan Surat Perjalanan Lintas Batas atau Pas Lintas Batas baru.

    Penarikan Paspor Biasa dapat dilakukan kepada pemegangnya pada saat berada di dalam atau di luar Wilayah Indonesia.
    Penarikan Paspor Biasa dilakukan dalam hal:
        Pemegangnya telah dinyatakan sebagai tersangka oleh instansi berwenang atas perbuatan pidana yang diancam hukuman paling singkat 5 (lima) tahun atau red noticeyang telah berada di luar Wilayah Indonesia; atau
        Masuk dalam daftar Pencegahan.
    Dalam hal penarikan Paspor Biasa dilakukan pada saat pemegangnya berada di luar Wilayah Indonesia, kepada yang bersangkutan diberikanSurat Perjalanan Laksana Paspor sebagai dokumen pengganti yang akan digunakan untuk proses pemulangan.


Program Bekerja dan Berlibur (Visa)/Work and Holiday mendorong pertukaran budaya dan hubungan person to person yang lebih erat dengan memungkinkan pemuda-pemudi Indonesia untuk menghabiskan liburan panjang serta dapat melakukan pekerjaan jangka pendek di Australia. Program Bekerja dan Berlibur merupakan hasil kerjasama yang erat antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Australia sejak tahun 2009. Pada awal berlakunya kesepakatan, pemerintah kedua negara menyepakati kuota untuk program ini berjumlah 100 (seratus) orang. Namun berdasarkan hasil kunjungan Presiden RI ke Australia pada bulan Juli 2012 silam, jumlah kuota untuk Program Bekerja dan Berlibur (Visa)/Work and Holiday berjumlah 1000 (seribu) orang.

Dengan kekhususan tersebut, dan sesuai dengan kesepakatan kedua negara maka diperlukan Surat Rekomendasi (Letter of Government Support) sebagai salah satu syarat untuk mengajukan Visa ini kepada Perwakilan Australia di Indonesia. Surat rekomendasi dapat diperoleh dengan ketentuan umum sebagai berikut:

    Telah berusia 18 tahun atau belum berusia 30 tahun pada saat pengajuan permohonan surat rekomendasi;
    Memiliki kualifikasi setingkat perguruan tinggi, atau telah menjalani pendidikan di perguruan tinggi setidak-tidaknya 2 (dua) tahun pendidikan;
    Belum pernah mengikuti program bekerja dan berlibur sebelumnya;
    Memiliki paspor yang berlaku sekurang-kurangnya 12 bulan;
    Memiliki tingkat kemahiran berbahasa Inggris sekurang-kurangnya tingkat fungsional;
    Tidak disertai oleh anak-anak di bawah umur;
    Memiliki sejumlah dana seharga tiket pergi-pulang dan untuk membiayai keperluan selama masa awal tinggal di Australia;
    Surat Rekomendasi berlaku 1 (satu) bulan sejak tanggal dikeluarkan;
    Permohonan Surat Rekomendasi tidak dapat diwakilkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Informasi mengenai Pembuatan Paspor, VISA, KITAS, KITAP dan Akta Lahir silahkan langsung menghubungi CV. Solusindo Multi Jaya di (021) 9058.0902 / (021) 7088.7790.